Efek Samping Ringan Terapi Hormon pada Anak

Pada kasus anak gemuk, kebanyakan rumah sakit atau klinik sunat menyarankan menjalani terapi hormon atau diet ketat sebagai solusi dalam mempermudah tindakan sunat yang nantinya dilaksanakan.

Terapi hormon sendiri dimaksudkan untuk anak dengan mikropenis yang artinya penggunaan hormon dalam penanganan medis. Tindakan ini  diharapkan dapat memberikan efek untuk membesarkan dan memperpanjang penis anak, sehingga dapat dilakukan tindakan sunat.

Dalam praktiknya, terapi hormon dapat membawa beberapa efek samping seperti sakit kepala, mual, sakit di bagian dada, sampai ke efek yang cukup berat seperti gangguan jantung, stroke, dan pembekuan darah.

Tindakan ini biasanya dilakukan dalam rentan waktu 2,5 bulan, biasanya menggunakan tablet hormon yang harus dikonsumsi anak sehari 4 tablet dan paling baik dilakukan sebelum anak menginjak masa pubertas karena jika dilakukan saat menginjak masa remaja atau dewasa hasilnya tidak akan maksimal.

Pada bulan pertama biasanya anak beristirahat selama 2 minggu sebelum kemudian melanjutkan ke pengobatan tahap kedua. Terapi hormon biasanya menelan biaya yang mahal untuk sekali terapi dan biasanya membutuhkan beberapa kali terapi.

Efek Samping Terapi Hormon

Hormon yang diberikan adalah sejenis testosteron. Dalam kondisi normal, testosteron diproduksi pada anak laki-laki di usia 12 tahun, ditandai dengan pertumbuhan tanda-tanda akil balik.

Begitu testosteron diproduksi, penis akan membesar. Dampaknya adalah mempercepat pubertas. Efeknya, usia masih anak-anak tetapi penampilannya dewasa.

Selain itu efek samping lainnya adalah tulang menutup lebih awal, karena kinerja hormon testosteron berlawanan dengan growth factor (hormon pertumbuhan). Ketika anak diberi testosteron maka hormon pertumbuhan akan berhenti diproduksi. Akibatnya pertumbuhan terganggu.

 Sunat Anak Gemuk Tanpa Terapi Hormon

Sebenarnya, sunat pada anak gemuk dapat dilakukan tanpa harus terapi hormon. Di Rumah Sunat dr. Mahdian, sudah memiliki layanan khitan gemuk yang dikhususkan untuk anak gemuk dan mikropenis tanpa harus terapi hormon terlebih dahulu.

Caranya dengan menggunakan metode khusus yang telah dikembangkan berdasarkan pengalaman dan ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah. Rumah Sunat dr. Mahdian berhasil menerapkan sunat pada anak gemuk maupun mikropenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now