KURANGI RISIKO 2 KALI SUNAT PADA ANAK GEMUK DENGAN DIET

Tahukah Anda jika sunat anak gemuk memiliki tingkat kesulitan tinggi dibandingkan pada anak umumnya, mengapa? Sebab anak gemuk cenderung mengalami kondisi burried penis.

Kondisi ini akan membuat tim medis kesulitan dalam menentukan garis sunat karena struktur anatomi dari penis anak ini tersembunyi atau tenggelam karena lemak yang tertimbun di sekitar penis. Jika sampai terjadi kekeliruan dalam penanganan, maka hal ini bisa mengakibatkan kulup kembali lagi. Jika kulit kulup yang dibuang ini terlalu banyak, maka alhasil bisa mengakibatkan penis terlihat pendek saat ereksi.

SUNAT ANAK GEMUK

Jika sudah begini, maka anak gemuk bisa berisiko 2x sunat. Nah, sunat yang kedua inilah yang disebut dengan perbaikan sunat atau revisi sunat. Sayangnya, tindakan ini juga tidak mudah dilakukan. Revisi sunat pada anak bisa berisiko menyebabkan trauma karena harus disunat dua kali. Hal inilah yang menjadikan dokter kesulitan dalam melakukan sunat karena kesulitan menentukan berapa banyak kulit kulup yang harus dipotong.

Biasanya pada kasus sunat anak gemuk pihak rumah sakit atau klinik sunat sudah menyarankan untuk melakukan terapi hormon pada anak terlebih dahulu sebelum disunat. Terapi ini digunakan untuk memudahkan proses tindakan sunat karena ini bisa memperbesar ukuran penis anak.

PERLUNYA TERAPI HORMON

Adapun terapi hormon dilakukan dengan menggunakan hormon dalam hal penanganan medis. Dalam praktiknya, terapi ini akan memberikan sedikit efek samping seperti mual, sakit kepala, sakit di bagian dada, hingga efek samping yang cukup berat seperti stroke, gangguan jantung serta pembekuan darah.

Selain itu, terapi hormon juga biasanya dilakukan dalam rentang waktu tertentu sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk hasil yang lebih maksimal, maka terapi akan jauh lebih baik dilakukan ketika anak belum memasuki masa pubertas. Sebab, jika dilakukan setelah itu, hasilnya akan kurang maksimal lagi. Biasanya di bulan pertama anak harus beristirahat selama 2 minggu terlebih dahulu sebelum melaksanakan tahapan yang kedua.

Meskipun dokter menyarankan sunat pada anak gemuk dengan melakukan terapi hormon terdahulu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memudahkan sunat pada anak gemuk. Caranya adalah dengan melakukan diet pada anak.

CEGAH KEGEMUKAN, AJAK ANAK UNTUK DIET

Agar anak gemuk bisa terhindar dari risiko 2x sunat, maka sebelum melakukan sunat ada baiknya anak diharuskan untuk diet dan menurunkan berat badannya. Saat berat badan anak turun, diharapkan jumlah lemak yang ada pada sekitar penis anak juga berkurang.

Oleh karenanya, penis yang tertimbun lemak agar terlihat dan membuat ukuran penis kembali menjadi seperti semula. Tentunya untuk melakukan diet ini tidak mudah karena harus ada kerjasama antara anak dan orangtua yang baik.

Sebab, anak masih dalam masa pertumbuhan dimana ia memiliki selera makan yang baik dan selalu ingin makan apa saja yang dilihat. Lantas, bagaimana diet yang tepat untuk anak? Caranya adalah dengan mengubah pola makannya menjadi lebih sehat tanpa harus mengurangi asupan makannya.

TIPS DIET SEHAT UNTUK ANAK

Berilah anak makanan dengan gizi yang seimbang. Selain itu, kurangi pula asupan gula pada anak seperti es krim, permen dan lain sebagainya. Ajak pula anak untuk berolahraga seperti sepak bola, bersepeda, basket, dan berenang.

Jangan biarkan anak terlalu lama menonton TV atau bermain game. Sebab hal ini akan membuat anak malas bergerak sehingga lemak pada tubuh juga akan tertimbun. Jika kerjasama ini bisa berhasil dilakukan, maka berat badan anak bisa lebih seimbang dan kembali menjadi ideal.

Jika berat badan anak sudah turun dan sudah kembali ideal, maka ia akan siap untuk disunat. Selain itu, risiko sunat 2 kali  akan berkurang  karena ukuran penis anak kembali seperti semula.

Yuk jaga berat badan anak kembali ideal. Bukankah keselamatan dan masa depan anak Anda lebih penting. Ajari anak hidup sehat agar dapat sunat tanpa perlu melakukan terapi hormone atau diet ketat.

SUNAT ANAK GEMUK TANPA DIET

Meski diet sangat baik bagi kesehatan pada anak yang kegemukan, namun jika ingin melakukan sunat harus menunggu berat badan anak turun dan lemak menghilang, rasanya terlalu lama.

Tidak perlu khawatir, Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki layanan khitan gemuk yang tidak mengharuskan anak untuk melakukan diet terlebih dahulu. Sunat gemuk ini menggunakan metode khusus yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah. Untuk saat ini, sunat gemuk hanya dapat dilakukan di Rumah Sunat dr. Mahdian Jatiasih, Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now