Panduan Olahraga Untuk Anak gemuk

Mungkin anak Anda membenci olahraga, atau lebih bersemangat tentang permainan video atau bahkan karena memiliki berat badan berlebih, ia merasa mudah lelah. Apa pun alasannya, akan sulit untuk memotivasi seorang anak untuk berolahraga ketika dia tidak tertarik.

Anda tahu bahwa memaksa anak berolahraga tidak akan berfungsi. Namun, menurut Blaise A. Nemeth, MD, dari associate professor di American Family Children’s Hospital di University of Wisconsin, orangtua dapat melakukan banyak hal untuk membantu menginspirasi anak-anak mereka untuk berolahraga.

Tips Mengajak Olahraga Anak Gemuk

  1. Pahami bahwa olahraga terlihat berbeda untuk anak-anak. Bagi Anda, berolahraga bisa berarti berlari dengan treadmill selama 30 menit atau membakar sejumlah kalori. Tetapi, hal ini akan berbeda jika pada anak-anak. Pada anak-anak, dibandingkan harus memaksa mereka untuk melakukan olahraga seperti jogging, mungkin Anda bisa menggantinya dengan mengajak anak bermain di halaman rumah. Bermain juga membuat anak dan Anda sama-sama bergerak.
  2. Bicarakan tentang manfaat olahraga. Anda tidak perlu meyakinkan anak Anda untuk mengubah hobi atau minatnya. Bantu saja dia memahami semua cara yang menggerakkan tubuhnya akan membantunya merasa lebih baik dan lebih sehat. Misalnya, anak Anda adalah anak yang suka bermain permainan video dibandingkan bermain bola, katakan saja bahwa olahraga dapat membantu tubuh menjadi lebih bugar, tidak mudah pegal, kaku, bahkan dapat membantu menghindari penyakit.
  3. Mulai dari perlahan. Beberapa pendapat mengemukakan bahwa anak-anak setidaknya harus berolahraga sekitar satu jam setiap hari – tetapi itu tidak berarti Anda harus mengatakan itu kepada mereka. Jika berolahraga selama 1 jam atau bahkan 30 menit terasa terlalu berat bagi anak-anak, mereka tidak akan mau melakukannya. Jika begitu, mulai secara perlahan menjadi 5 menit.
  4. Mulai dari rencana aktivitas keluarga. Saat ini, bersepeda menjadi tren baik dikalangan muda maupun dewasa. Ajak bersepeda anak Anda ke taman, atau saat ke supermarket. Sekarang banyak anak yang suka bersepeda.

 Olahraga Untuk Anak Gemuk

Anak yang memiliki berat badan berlebih (kegemukan) atau sampai obesitas akan merasakan beban tekanan yang besar pada bagian lutut, pinggang, panggul, dan pergelangan kaki saat beraktivitas. Maka itu, olahraga untuk anak gemuk dianjurkan adalah jenis olahraga low-impact atau olahraga yang memberi tekanan pada tubuh dan persendian yang minim. Olahraga low-impact tidak ada gerakan melompat. Berikut jenis olahraga yang dapat dilakukan.

  1. Jalan kaki

Jalan kaki juga merupakan olahraga anak gemuk, namun tidak terlalu banyak membakar kalori. Namun, jika orang yang kegemukan atau obesitas menjalankannya, pembakaran yang terjadi dapat lebih banyak. Sebab, dibutuhkan energi lebih banyak yang dikeluarkan oleh orang obesitas dibandingkan orang yang berat badannya ideal.

  1. Berenang

Saat berenang, beban tubuh Anda akan ikut ditopang oleh air. Dengan begitu, risko terbebaninya sendi dan tulang jadi lebih minim. Berenang juga efektif mengatur pernapasan dan membakar kalori.

  1. Bersepeda

Olahraga yang efektif membakar kalori dan aman adalah bersepeda. Saat ini, baik muda maupun dewasa sedang dilanda demam bersepeda, Anda bisa bermain sepeda sekaligus olahraga.

  1. Bela diri

Bela diri selain dapat membantu mempertahankan/ membela diri dari bahaya, juga bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Salah satu seni bela diri yang memiliki low impact adalah taichi, namun untuk melakukan ini diperlukan pelatih.

 

Olahraga dapat dimanfaat pada anak yang kegemukan atau memiliki berat badan berlebih untuk membantu menurunkan berat badan menjadi lebih ideal. Selain itu juga dapat mempermudah anak untuk disunat.

Apabila Anda mencari tempat sunat gemuk, Anda dapat ke Rumah Sunat dr. Mahdian. Anak gemuk tetap dapat disunat tanpa terapi hormon ataupun diet ketat.

baca juga: obesitas dan sulit disunat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now