Obesitas, Mikropenis dan Hubungannya Dengan Khitan

Kegemukan atau obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, baik pada dewasa maupun anak-anak. Obesitas dapat memicu terjadinya gangguan hormonal yang berdampak pada menurunnya konsentrasi hormon testosteron hingga menyebabkan mikropenis.

Pertumbuhan organ seks sekunder sangat dipengaruhi oleh hormon testosteron. Jika terjadi gangguan pada hormon tersebut maka pertumbuhan penis akan menjadi terhambat. Gangguan hormonal ini diduga dapat menyebabkan pertumbuhan penis terhambat. Kebanyakan anak-anak obesitas mengelami mikropenis (penis kecil).

Mikropenis

Terdapat sebuah penelitian yang dilakukan di Singapura mengenai panjang penis pada bayi yang baru lahir dengan berbagai ras. Pada bayi dengan etnis Tianghoa memiliki rata-rata panjang penis 3,5cm. Pada ras Melayu memiliki 3,6cm dan ras India 3,8cm. Dalam penelitian tersebut, bahwa bayi laki-laki dari Asia yang memiliki panjang penis kurang dari 2,6 cm termasuk dalam kategori mikropenis sehingga perlu dilakukan terapi hormon.

Meskipun masalah mikropenis dapat diatasi dengan terapi hormon, namun sebagai orangtua tetap perlu mengontrol berat badan anak agar tidak mengalami obesitas atau kegemukan.

Terapi Hormon

Melalui serangkaian tes dan terapi testosteron eksternal berupa HCG, testis akan memproduksi testosteron. Terapi akan membantu memperbesar penis, meningkatkan kualitas pembentukan sel benih untuk meningkatkan fungsi reproduksi.

Terapi hormon akan efektif jika dilakukan sebelum anak memasuki masa pubertas. Dan sebaiknya, dilakukan sebelum anak menjadi dewasa atau paling lama 12 tahun.

Penis Kecil Berdampak Pada Masalah Kesuburan

Banyak laki-laki yang memiliki ketakutan mengenai ukuran penisnya yang termasuk dalam kategori mikropenis. Selain membuat kurang percaya diri, beredar sebuah kabar bahwa juga akan memengaruhi masalah kesuburan.

Sebenarnya, ukuran penis tidak memiliki korelasi langsung dengan kesuburan. Subur atau tidaknya tidak disebabkan oleh ukuran penis, namun mungkin kesulitan saat melakukan hubungan seksual.

Meski bukan penyebab atau faktor penentu kesuburan, penis kecil mungkin memiliki kontribusi pada penyebab tidak subur. Sebagai contoh, ukuran penis yang kecil mungkin menghasilkan jumlah sperma yang lebih sedikit, sehingga dapat memengaruhi kesuburan Anda.

Namun, jumlah sperma yang tergolong sedikit bukanlah faktor utama yang menentukan Anda subur atau tidak akibat memiliki mikropenis. Ada faktor medis lainnya yang berperan penting. Terlepas dari ukuran penis Anda, tidak menutup kemungkinan Anda tetap subur dan bisa memiliki keturunan.

Mungkin penis yang kurang dari ukuran normal dapat menyebabkan kondisi kesehatan lain, seperti sulit buang air kecil. Akan tetapi, tidak subur bukan disebabkan oleh ukuran penis saja. Untuk lebih memastikannya, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter.  Jika dibutuhkan penanganan, maka dapat dilakukan secara medis.

Penis Kecil dan Sulit Khitan

Pernahkah Anda mendengar bahwa anak yang mengalami obesitas atau kegemukan sulit dikhitan? Ya, salah satu faktornya adalah mikropenis. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa mikropenis perlu dilakukan terapi hormon, jika seperti ini yang harusnya anak langsung dapat melakukan khitan harus menunggu karena terapi hormon.

Banyak anak gemuk/ obesitas ditolak oleh beberapa jasa penyedia layanan khitan karena tidak semua praktisi dapat melakukan khitan pada anak gemuk. Namun, tak perlu khawatir anak gemuk perlu melakukan penundaan khitan.

Perkenalkan, Rumah Sunat dr. Mahdian yang telah berpengalaman lebih dari 10 tahun ini memiliki layanan khitan gemuk. Prosedur khitan dilakukan oleh dokter spesialis bedah yang berpengalaman. Pada anak gemuk, prosedurnya sedikit berbeda dengan anak yang memiliki berat badan ideal. Mereka membutuhkan metode khusus yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah.

Melalui metode khusus dan dokter spesialis, anak dapat langsung dikhitan tanpa perlu melakukan terapi hormon. Saat ini, layanan khitan gemuk hanya dapat dilakukan di dua cabang Rumah Sunat dr. Mahdian, yaitu cabang Jatiasih, Bekasi dan Mampang, Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now