Obesitas Menjadi Penyebab Masalah Kesuburan

Kegemukan dan obesitas masih menjadi masalah kesehatan yang memprihatinkan di dunia. Disebutkan bahwa, obesitas atau kelebihan berat badan pada usia reproduktif mengalami peningkatan hampir 3 kali lipat. Kondisi ini perlu diperhatikan, faktanya kegemukan dan obesitas dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah gangguan kesuburan. Kondisi tersebut terjadi karena obesitas dapat menurunkan kualitas sperma.

Obesitas dan kesuburan laki-laki

Adakah hubungannya obesitas dengan masalah kesuburan pria?

Sebuah penelitian di Harvard School of Public Health, menemukan bahwa laki-laki yang mengalami obesitas memproduksi sedikit sperma. Lebih lanjut, terdapat sebuah studi yang dilakukan dengan mengombinasikan 14 penelitian terkait untuk mendapatkan perbandingan jumlah sperma yang dihasilkan pada laki-laki yang kelebihan berat badan dengan yang mengalami obesitas dan yang memiliki berat badan ideal.

Hail penelitian tersebut menunjukkan bahwa laki-laki dengan kelebihan berat badan memiliki jumlah sperma 11% lebih sedikit dan 39% tidak mengandung sperma sama sekali. Sementara itu, laki-laki yang mengalami obesitas memiliki jumlah sperma 42% lebih sedikit dan 81% nya tidak menganduung sperma.

Kesimpulan dari hasil penelitian tersebut adalah 50% dari laki-laki yang mengalami obesitas memiliki kemungkinan kesulitan dalam mendapatkan keturunan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), juga melakukan penelitian terkait dan hasilnya hampir semua studi mendapatkan hasil bahwa obesitas berhubungan dengan rendahnya konsentrasi sperma. Laki-laki yang mengalami kondisi ini juga mengalami penurunan motilitas sperma, dan meningkatnya jumlah sperma dengan bentuk yang abnormal. Ketiga keadaan ini sangat berperan pada terjadinya gangguan kesuburan.

baca juga: obesitas menyebabkan sulit punya anak, benarkah?

Apa sebabnya?

Pada laki-laki yang mengalami obesitas, sehari-harinya cenderung mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Akibatnya, hormon testosteron di dalam tubuh pria akan mengalami gangguan hingga akhirnya menyebabkan produksi sperma menurun.

Keadaan dapat menjadi semakin parah akibat makanan-makanan yang berperan pada terjadinya obesitas juga turut menyebabkan stres oksidatif. Keadaan ini turut membuat sel sperma di dalam tubuh pria semakin rusak.

Tak hanya masalah kesuburan

Jika obesitas tak segera diatasi, bukan hanya gangguan kesuburan yang terjadi. Tapi juga berbagai masalah kesehatan lain yang lebih gawat lagi.

Beberapa masalah kesehatan lain yang bisa terjadi akibat obesitas yang tidak segera ditangani, misalnya; diabetes melitus, serangan jantung, stroke, dan sulit dikhitan.

Mengetahui bahwa obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan gangguan kesuburan hingga berbagai penyakit mematikan, Anda dianjurkan untuk segera menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini juga berlaku untuk anak-anak, untuk mencegah obesitas peran orangtua sangatlah penting.

Sebagai upaya pencegahan dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara rutin dan teratur, serta cukup istirahat.

baca juga: Awas, obesitas menjadikan sulit khitan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now