Manfaat Sunat Dari Sisi Agama Islam dan Dari Sisi Kesehatan

Manfaat sunat yang sudah diketahui oleh banyak orang, seperti melindungi dari penyakit menular seksual dan infeksi saluran kemih. Namun, ternyata sunat memiliki banyak manfaat baik dari sisi agama maupun kesehatan.

Di Indonesia biasanya anak yang disunat mencapai usia 5-13 tahun. Namun, tahukah Anda jika sunat sebaiknya dilakukan sejak dini? Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS, waktu yang baik untuk sunat adalah ketika masih bayi. Pada usia bayi, perubahan jumlah sel manusia terjadi paling cepat dan paling banyak. Maka, jika terdapat luka paling cepat sembuh karena sel akan beregenerasi paling bagus saat itu.

Ketika anak berusia kurang dari 6 bulan, biasanya mereka belum bisa tengkurap, jadi akan lebih memudahkan proses keringnya luka. Namun, sebenarnya sunat dapat dilakukan kapan saja tergantung kesiapan psikis anak dan orangtua. Hanya saja, lebih cepat akan lebih baik bagi anak.

Manfaat Sunat

  • Sunat Dari Sisi Islam

Sunat selalu identik dengan alasan keagamaan, khususnya agama Islam. Dalam Islam, sunat hukumnya wajib bagi setiap laki-laki. Ada beberapa manfaat sunat menurut ajaran agama Islam, yaitu:

  1. Sunat menjadi bukti kalau seseorang tunduk kepada Allah SWT dengan melaksanakanperintah-Nya yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS
  2. Sunat menjadi cara sucikan tubuh dan merupakan ajaran Nabi Ibrahim AS dan Rasulullah SAW.
  3. Sunat merupakan salah satu syariat Islam
  4. Sunat menjadikan tubuh lebih bersih dan suci sehingga terhindar dari najis. Seseorang yang tidak disunat, maka sisa air seni tertahan di kulup. Tidak sah shalat seseorang apabila masih ada najis yang melekat/tersisa pada tubuhnya. Dengan sunat, maka najis (air mani) yang tersisa di sekitar kulup akan lebih mudah dibersihkan saat seseorang membasuh kemaluannya setelah buang air kecil.
  • Sunat Dari Sisi Kesehatan

Istilah sunat dalam medis dikenal dengan sirkumsisi. Jika dulu praktik sunat dilakukan karena alasan agama, saat ini sunat juga dilakukan karena alasan kesehatan. Berikut manfaat sunat yang membantu bagi kesehatan:

  1. Mengurangi risiko penyakit infeksi menular seksual seperti, HIV/AIDS, herpes atau sifilis.
  2. Mencegah penyakit pada penis seperti fimosis, parafimosis, balanitis, dan balanopostitis.
  3. Mengurangi risiko infeksi saluran kemihyang merujuk kepada masalah ginjal. Biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak yang tidak disunat.
  4. Mengurangi risiko kanker penis.
  5. Mengurangi risiko kanker serviks pada pasangan.
  6. Penis yang disunat lebih mudah dibersihkan, kesehatannya lebih terjaga dibandingkan yang tidak sunat.

Dua Kondisi Penis Yang Perlu Sunat Khusus

Setelah mengetahui manfaat sunat, apakah Anda berminat untuk melakukan sunat pada buah hati Anda segera mungkin?

Tunggu dulu, sebelum melakukan sunat ada hal yang perlu diperhatikan, seperti kondisi penis sang anak, mengapa? Karena ada dua kondisi khusus yang mengharuskan anak mendapatkan penanganan khusus.

Dalam hal ini, pada anak gemuk biasanya memiliki kondisi buried penis atau micropenis, sehingga tidak dapat disunat dengan menggunakan metode sunat yang biasa digunakan pada anak dengan tubuh ideal.

Pada anak gemuk dengan dua kondisi tersebut, dokter akan kesulitan untuk menentukan berapa besar kulup yang dipotong/dibuang. Jika dokter memotong kulup terlalu besar, penis anak akan terlihat pendek dan akan merasa tidak nyaman/nyeri saat ereksi. Sementara bila kurang dipotong/dibuang, kulup akan terlihat seperti tidak disunat.

Jika kulup kembali, anak perlu melakukan  revisi sunat. Melakukan revisi sunat tidaklah mudah karena ada kemungkinan menimbulkan risiko trauma pada anak.

Untuk menghindari sunat revisi ini, biasanya dokter akan meminta anak menunda sunat terlebih dahulu dan melakukan terapi hormon atau diet. Sangat jarang anak gemuk dapat disunat langsung tanpa melalui proses terapi hormon atau diet.

Tenang, jangan khawatir dulu. Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki solusi untuk Anda yang anaknya memiliki dua kondisi tersebut dan ingin segera melakukan sunat tanpa penundaan. Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki layanan sunat gemuk dengan menggunakan metode khusus dan ditangani oleh dokter spesialis bedah. Metode khusus ini digunakan sebagai upaya mencegah sunat revisi di kemudian hari.

baca juga: hindari sunat anak dua kali

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi call center kami.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now