Penuhi Kebutuhan Nutrisi & Gizi Anak

Kebanyakan orangtua tahu bahwa anak membutuhkan vitamin dan mineral agar tetap sehat. Tetapi mengetahui dengan tepat nutrisi apa dan berapa banyak yang mereka butuhkan dari masing-masing tidak selalu mudah. Mempelajari lebih banyak tentang vitamin dan mineral dapat membantu memastikan anak-anak Anda mendapatkan nutrisi yang tepat.

Terlepas dari upaya terbaik orangtua, anak-anak mungkin tidak selalu mendapatkan semua vitamin dan mineral yang mereka butuhkan. Untuk memastikan anak Anda mendapatkan nutrisi lengkap yang mereka butuhkan, pastikan untuk menawarkan anak Anda berbagai makanan. Mulailah dengan melihat lebih dekat makanan yang dimakan anak Anda secara teratur.

Pahami alfabet vitamin

Label nutrisi pada kemasan makanan dapat menunjukkan kepada Anda makanan mana yang mengandung nutrisi yang tepat. Di bawah ini adalah rincian vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan anak-anak dan remaja untuk berbagai area pertumbuhan dan sumber vitamin tersebut:

  • Vitamin A penting untuk kesehatan kulit dan pertumbuhan normal, dan juga membantu penglihatan dan perbaikan jaringan. Vitamin A dapat ditemukan dalam jumlah yang kaya dalam sayuran kuning dan oranye, produk susu, dan hati.
  • Vitamin B membantu tubuh memproduksi sel darah merah dan membantu aktivitas metabolisme. Vitamin B ditemukan dalam daging, unggas, ikan, kedelai, susu, telur, biji-bijian, dan roti serta sereal yang diperkaya.
  • Vitamin C membantutubuh untuk menyembuhkan dan melawan infeksi, dan juga memperkuat jaringan, otot, dan kulit. Untuk dosis vitamin C yang sehat, dapat bersumber dari buah jeruk, stroberi, tomat, kentang, kubis brussel, bayam, dan brokoli.
  • Vitamin D membantu tubuh membentuk dan memelihara gigi dan tulang yang kuat serta membantu penyerapan mineral seperti kalsium. Vitamin D ditemukan dalam produk susu yang diperkaya dan minyak ikan. Paparan sinar matahari yang cukup juga merupakan cara untuk mendapatkan vitamin Dyang cukup. Sinar matahari merangsang vitamin, yang secara alami ada di kulit, menjadi aktif di dalam tubuh. Namun, jangan terlalu lama di bawah sinar matahari.
  • Zat besi penting bagianak-anak, terutama selama periode pertumbuhan. Zat besi berkontribusi pada produksi darah dan pembentukan otot. Daging sapi, kalkun, ikan, kacang-kacangan, dan roti serta sereal yang diperkaya adalah sumber zat besi yang sangat baik.
  • Kalsium sangat penting untuk perkembangan dan pemeliharaan kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi jumlah yang tidak memadai selama masa kanak-kanak dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, tetapi juga dapat menyebabkan tulang yang lemah, rapuh, dan keropos (berpotensi menyebabkan osteoporosis di kemudian hari). Kalsium ditemukan dalam susu rendah lemak, sarden, yogurt, dan keju. Itu juga hadir dalam jumlah yang lebih sedikit dalam sayuran seperti brokoli.

Diet Sehat

Karena tubuh tidak dapat secara alami menghasilkan semua vitamin dan mineral yang diperlukan, penting untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan bahan pembangun penting ini dalam makanan yang mereka makan. Pola makan yang seimbang biasanya diperlukan untuk menjamin bahwa anak-anak dan remaja mendapatkan vitamin dan mineral yang diperlukan. Tapi berapa banyak dari semua yang mereka butuhkan?

  • Anak-anak membutuhkan 1,5–4 ons biji-bijian setiap hari, bergantung pada usianya. Tidak semua roti cokelat menggunakan biji-bijian, jadi periksa labelnya.
  • Satu porsi sayuran yang sehat berarti mengonsumsi 1–3 cangkir per hari, tergantung usia.
  • Untuk buah-buahan, anak-anak harus mendapatkan 1-2 cangkir setiap hari. Jus buah mungkin termasuk dalam penyajian ini, meskipun penting untuk memeriksa label dan memastikannya mengandung kandungan buah asli — tidak hanya dari konsentrat atau pemanis.
  • Untuk memenuhi kebutuhan kalsium, anak membutuhkan setidaknya 2–3 cangkir susu sehari. Yogurt dan keju adalah alternatif susu yang baik. Untuk mendapatkan porsi paling sehat, carilah opsi rendah lemak.
  • Anak-anak harus mendapatkan 2–6,5 ons protein per hari, tergantung pada usiIni paling baik ditemukan pada ayam, daging sapi, kalkun, dan ikan. Untuk pilihan protein vegetarian, lihat kacang-kacangan, buncis, dan kacang polong.

Suplemen vitamin

Menurut American Academy of Pediatrics, untuk anak-anak dan remaja dengan diet yang sangat selektif, seperti vegetarianisme atau diet bebas susu, dan untuk anak-anak dengan pola makan yang tidak menentu, penyedia layanan kesehatan dapat merekomendasikan suplemen harian.

Suplemen vitamin yang dijual bebas biasanya aman dan tersedia dalam bentuk kunyah jika anak Anda kesulitan menelan. Ingat, bagaimanapun, bahwa dosis suplemen yang lebih tinggi dari yang direkomendasikan dapat menyebabkan masalah. Misalnya pemberian vitamin C dosis tinggi dengan harapan dapat mencegah masuk angin dan flu dapat menyebabkan anak mual, diare, dan kram.

Vitamin dan suplemen anak-anak mungkin tersedia dalam warna dan bentuk yang menarik, tetapi itu bukan permen. Pastikan Anda memberi tahu anak Anda bahwa vitamin adalah sejenis obat — bukan camilan. Ikuti petunjuk label tentang ukuran porsi dan petunjuk dosis. Mintalah saran dari penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki pertanyaan tentang suplemen. Jauhkan vitamin dan suplemen dari jangkauan anak-anak dan pastikan item disimpan dalam wadah tahan anak.

Pentingnya penuhi kebutuhan nutrisi anak

Hampir kebanyakan orangtua masih mengabaikan pentingnya nutrisi dan gizi saat anak makan, sehingga anak mengalami kegemukan atau obesitas. Kegemukan atau obesitas dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan anak.

Masalah lainnya adalah, kebanyakan anak gemuk sulit disunat. Bahkan beberapa anak, perlu melakukan diet terlebih dahulu sebelum dapat disunat. Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan orangtua. Belum tentu juga anak mau untuk diet.

Kini, Anda tak perlu khawatir lagi karena Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki layanan sunat gemuk. Anak tak perlu menjalani diet ketat, bisa langsung sunat. Tentunya, sunat gemuk merupakan kasus khusus sehingga tidak dapat dilakukan sembarangan, oleh sebab itu perlu penanganan dokter spesialis bedah.

Perlu diingat, memenuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga berat badan anak agar ideal tetap penting untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now