Dokter Khitan Gemuk Adalah Dokter Spesialis Bedah

Khitan merupakan tindakan medis yang dilakukan oleh “dokter khitan”, yaitu baik dokter umum ataupun dokter spesialis bedah. Mengapa harus dokter, tidak bisakah dilakukan oleh orang selain dokter?

Nah, pernahkah Anda mendengar sebuah berita mengenai kecelakaan terpotongnya penis seorang anak saat ia sedang dikhitan oleh yang bukan dokter? Untuk menghindari kecelakaan tersebut, sangat penting jika khitan dilakukan oleh seseorang yang memiliki kompetensi dan skill yang tak lain adalah seorang dokter. Dokter yang akan melakukan khitan pun juga perlu mengikuti pelatihan.

Kondisi medis khusus yang tidak dapat dikhitan

Khitan tidak dapat dilakukan pada seseorang yang memiliki hipospadia karena dokter bedah  membutuhkan kulupnya untuk membuat lubang kencing baru.

Selain hipospadia, khitan juga tidak dapat langsung dilakukan pada penderita kelainan pembekuan darah atau hemofilia karena dapat berisiko mengalami perdarahan hebat yang sulit dihentikan. Oleh sebab itu, sangat penting sebelum melakukan khitan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

 Kondisi khusus pada anak gemuk yang sulit khitan

Pada anak gemuk biasanya mereka memiliki kondisi khusus seperti mikropenis dan buried penis yang akan mempersulit dokter untuk melakukan tindakan khitan.

Mikropenis dapat disebabkan oleh faktor hormonal saat anak berada di dalam kandungan. Anak yang didiagnosis memiliki mikropenis biasanya memiliki ukuran penis yang kurang dari 2cm tanpa dibarengi oleh kelainan struktur penis.

Pada kasus buried penis atau penis tenggelam merupakan kelainan di mana penis yang memiliki ukuran normal, namun tersembunyi dalam skrotum. Buried penis lebih sering terjadi pada laki-laki bertubuh gemuk. Lapisan lemak di sekitar penis tebal sehingga akhirnya menutup penis.

Tidak jarang pada anak gemuk perlu melakukan penundaan khitan. Kedua kondisi tersebut disarankan untuk melakukan terapi hormon dan diet ketat sebelum melakukan khitan.

Metode Khitan

  1. Metode Konvensional

Khitan konvensional menggunakan pisau atau gunting bedah untuk memotong kulup. Setelah kulup dipotong/dibuang selanjutnya akan dilakukan penjahitan di seputar kulit yang dipotong, lalu luka ditutup dengan perban.

  1. Metode Khitan Klamp

Metode khitan klamp telah direkomendasikan oleh WHO yang merupakan perangkat khitan sekali pakai. Salah satu klamp khitan yang paling populer adalah Mahdian klem. Klamp ini diciptakan oleh dr. Mahdian Nur Nasution SpBS. Penggunaannya mudah, waktu tindakan cepat, setelah khitan pasien dapat langsung beraktivitas dan perawatannya mudah. Mahdian klem telah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan.

  1. Metode Khitan Gun Stapler

Merupakan perangkat khitan satu kali pakai yang berbentuk seperti pistol. Cara khitan stapler adalah dengan memasukkan kepala penis ke dalam gun stapler. Setelah itu, pelatuk ditarik untuk menggerakkan pisau bedah, maka kulup akan terpotong.

  1. Metode Khusus Khitan Gemuk

Anak gemuk dengan kondisi micropenis atau buried penis tidak dapat menggunakan metode  klamp ataupun stapler. Metode yang digunakan adalah metode khusus yang langsung ditangani oleh dokter spesialis bedah berpengalaman. Metode khusus ini untuk membantu meminimalkan risiko kulup tidak terjadi lagi dan harus sunat ulang di masa depan. Lebih lanjut, penggunaan metode ini dapat membantu anak untuk bisa langsung dikhitan tanpa  terapi hormon dan diet ketat.

baca juga: khitan ulang pada anak gemuk

Dokter Spesialis Bedah Khusus Khitan Gemuk

Penanganan khitan gemuk berbeda dengan khitan anak pada umumnya, oleh sebab itu perlu dilakukan oleh dokter spesialis bedah. Tindakan khitan gemuk yang dilakukan oleh dokter spesialis bedah dan penggunaan metode khusus dapat membantu meminimalkan risiko sunat ulang dan anak tidak perlu menunda sunat untuk melakukan terapi hormon atau diet.

Rumah Sunat dr. Mahdian telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah berhasil mengkhitankan lebih dari 150.000 pasien. Rumah Sunat dr. Mahdian juga menjadi klinik khitan terpercaya dan rekomendasi untuk khitan gemuk. Kebanyakan pasien khitan gemuk yang sulit dikhitan di rumah sakit atau tempat lain akan beralih ke Rumah Sunat dr. Mahdian.

Untuk informasi lebih lanjut atau melakukan pendaftaran silakan menghubungi call center kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now