Mitos atau Fakta Anak Gemuk Sulit Disunat

Sunat atau khitan pada anak gemuk jika dilakukan dengan teknik biasa, kemungkinan kembalinya kulup cukup besar. Karena pada anak gemuk disunat agak lebih sulit, banyak klinik sunat tradisional yang sudah berpengalaman melakukan sunat, tidak dapat melakukan sunat pada anak gemuk. Kebanyakan anak gemuk ditolak atau diminta menjalani diet terlebih dahulu sebelum kembali lagi.

Penolakan inilah yang menjadikan anak gemuk seringkali belum sunat juga sampai usia remaja. Akibatnya anak menjadi rendah diri dan menutup diri dari pergaulan karena ditindas (bullying).

Masalah lainnya terkait sunat pada anak gemuk adalah banyak kasus kepala penis anak terkubur (buried penis), akibat penisnya tertutup lapisan lemak di bagian bawah perut. Buried penis ini akan menjadi masalah pada laki-laki nantinya yang salah satunya nyeri saat berhubungan seksual dan penis menjadi kotor sehingga kemungkinan berisiko menularkan penyakit.

Alasan Anak Gemuk Sulit Disunat

Inilah beberapa alasan yang mendasari sulitnya sunat gemuk:

  1. Buried penis seringkali menyulitkan dokter yang mengkhitan dalam menentukan seberapa banyak/seberapa besar kulit kulup yang akan dipotong. Apabila kulit kulup yang dibuang terlalu banyak, maka penis akan terlihat pendek pada saat ereksi. Namun apabila kulit kulupnya terlalu sedikit diambil justru berisiko kulup kembali atau seperti belum disunat.
  2. Risiko untuk khitan ulang dikarenakan kepala penis tertutup kembali akibat tertutup oleh lapisan lemak.
  3. Risiko terluka saat dikhitan

Bagi para orangtua yang ingin anaknya yang gemuk menjalani sunat, dianjurkan untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  1. Konsultasi dengan dokter untuk memastikan kondisi penis anak tenggelam harus dikhitan dengan metode khusus. Mengapa perlu melakukan konsultasi terlebih dahulu? Karena, tidak semua anak gemuk perlu dikhitan dengan metode khusus. Metode khusus digunakan apabila batang penisnya tidak muncul .
  2. Memberikan edukasi pada anak, agar menjaga kebersihan daerah kelaminnya atau genitalianya.
  3. Mengedukasi anak atau orangtua menarik kulup penis anak supaya tidak ada perlengketan pada kepala penisnya sehingga bersih dari kotoran sisa buang air pipis yang mengendap di bagian dalam.
  4. Mengatur pola makan anak dengan cara mengurangi makanan yang bila dikonsumsi belerbihan dapat menyebabkan kegemukan pada anak, misalnya makanan berlemak, makanan siap saji.
  5. Memberikan pengertian kepada anak mengenai proses khitan agar lebih siap saat tindakan berlangsung.

 

Rumah Sunat dr. Mahdian Bisa Jadi Solusi

Sunat gemuk adalah layanan unggulan miliki Rumah Sunat dr. Mahdian yang dikhususkan untuk anak gemuk yang sulit disunat.  Rumah Sunat dr. Mahdian hadir sebagai pelopor layanan sunat gemuk tanpa terapi hormon dan tanpa diet, ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah dengan metode khusus. Berdiri sejak tahun 2006 hingga saat ini telah memiliki lebih dari 40 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, didukung dengan ‘dokter sunat’ dan perawat berpengalaman.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now