Apa Benar Anak Obesitas Tak Perlu Diet? Yuk, Simak Alasannya!

Tahukah Bunda jika anak terlanjur obesitas tidak perlu melakukan diet? Obesitas juga sering disebut dengan kelebihan berat badan atau kegemukan. Coba Bunda mulai sekarang perhatikan apakah si Kecil mengalami obesitas atau tidak. Sebab, orang tua seringkali mengabaikan anak yang kegemukan karena menganggapnya sesuatu hal yang wajar. Namun, yang mungkin tidak banyak orang tua ketahui adalah obesitas termasuk dalam kategori malnutrisi. Lantas, bagaimana mengatasi anak obesitas? Simak dulu yuk penjelasannya.

Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), obesitas pada anak merupakan masalah kesehatan yang cukup kompleks. Hal ini terjadi saat seorang anak memiliki berat badan berlebih di atas rata-rata normal untuk anak seusianya.  Penyebab obesitas pada anak sama dengan orang dewasa, termasuk dari gaya hidup dan genetik.

Penyebab Obesitas

Penyebab obesitas pada anakBerikut ini adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa meningkatkan risiko berat badan berlebih, di antaranya:

  • Sering mengonsumsi makanan tinggi kalori
  • Konsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi rendah
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Pola tidur yang tidak tepat (sering tidur larut malam)
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Terlalu banyak duduk menonton televisi atau perangkat elektronik lainnya sambil makan camilan

Dampak Obesitas

Kelebihan berat badan pada anak bisa berdampak pada tumbuh kembangnya. Obesitas juga bisa menghambat motorik kasar anak dan menurunkan kemampuan balita dalam proses belajarnya, seperti merangkak atau berjalan. Selain itu, kondisi ini juga bisa menyebabkan risiko gangguan kognitif sehingga mampu menurunkan daya tangkap anak-anak obesitas.

Dr. Miza Afrizal, SpA, B. MedSci, Mkes dari RSIA Tumbuh Kembang Depok, mengungkapkan bahwa obesitas juga termasuk ke dalam kategori malnutrisi atau kekurangan gizi. Malnutrisi merupakan kondisi di mana anak mengalami kekurangan nutrisi akibat kandungan gizi yang tidak baik dan tidak terpenuhi.

Dampak lain dari obesitas yaitu meningkatnya risiko penyakit diabetes tipe 2 ataupun penyakit jantung. Penyakit ini bisa membahayakan kesehatan anak di kemudian hari.

Baca juga: Atur Pola Makan Sehat Agar Anak Tidak Obesitas

Apakah Anak Obesitas Perlu Melakukan Diet?

Pada masa pertumbuhan, anak tidak seharusnya melakukan diet. Hal ini juga berlaku pada anak yang mengalami obesitas. Meski demikian, Bunda sebaiknya mulai menerapkan gaya hidup sehat pada si Kecil.

Gaya hidup sehat yaitu mencakup pola makan dengan gizi seimbang, rutin berolahraga, dan tidak tidur larut malam. Bunda bisa mulai mengajak si Kecil untuk melakukan aktvivitas fisik sesuai kemampuannya. Si Kecil mungkin awalnya bisa sangat kelelahan, namun perlahan ajak ia untuk terus melakukannya secara rutin, sehingga lama kelamaan akan terbiasa. Bunda bisa mengajaknya berjalan-jalan di taman, bersepeda, berenang atau bermain bola.

Untuk pola makannya, beri ia makanan bergizi seimbang. Makanan yang dikonsumsi tetap harus mengandung karbohidrat, vitamin, protein, dan juga tinggi serat. Bunda sebaiknya juga mengurangi camilan ringan ketika si Kecil sedang menonton TV atau bermain gadget. Gantilan camilannya dengan makanan sehat yang rendah kalori dan rendah gula. Bunda bias memberikannya potongan buah, biskuit gandum, atau jus buah tanpa gula.

Nah, jadi mulai sekarang Bunda tak perlu cemas lagi ya apakah si Kecil yang obesitas harus diet atau tidak. Berikan si Kecil asupan bernutrisi dan ajaklah beraktivitas untuk tetap menjaga daya tahan tubuhnya.

Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-1720-302

marketingrumahsunat@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now