Waspada Penis Tidak Sunat Bisa Menyebabkan Penyakit Berbahaya Pada Anak

Benarkah penis tidak sunat bisa berdampak pada kesehatan anak? Untuk Ayah Bunda yang memiliki anak, terutama yang bertubuh lebih besar dari anak-anak seusianya, biasanya memiliki kondisi berbeda pada penisnya. Pada anak gemuk penisnya sering tidak terlihat atau mendelep. Kondisi ini disebut dengan burried penis yaitu kondisi penis yang tertimbun jaringan lemak perut sehingga menyebabkan penis tenggelam. Padahal sebenarnya ukurannya normal hanya saja memang tidak terlihat, berbeda dengan anak dengan micropenis yaitu memiliki ukuran penis yang lebih kecil. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi kelainan penis ini?

Untuk mengatasi kelainan penis tersebut, Ayah Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jangan biarkan kondisi ini karena bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada anak. Dokter biasanya akan menyarankan anak untuk segera sunat, namun dengan beberapa syarat khusus.

Kondisi Kelainan Penis pada Anak

Burried penis dan micropenis adalah dua kondisi yang berbeda, namun keduanya bisa menjadi masalah kesehatan pada anak yang terlalu gemuk. Micropenis adalah kondisi penis yang memiliki ukuran di bawah rata-rata anak seusianya (ukuran penis normal), sedangkan burried penis adalah kondisi penis yang tertimbun lemak namun ukuran penisnya normal.

Menurut dr. Mahdian Nur Nasution SpBS, seringkali dokter umum atau mantri sunat menolak untuk menyunat anak bila memiliki kondisi tubuh yang kegemukan. Namun, ada juga dokter yang menyarankan untuk melakukan diet dan terapi hormon.

“Anak gemuk yang ingin sunat sebenarnya tidak perlu melakukan diet apalagi pemberian terapi hormon, sunat tetap bisa dilakukan asalkan yang menanganinya dokter spesialis bedah yang sudah berpengalaman” lanjut dr. Mahdian. Hal ini untuk meminimalisir kesalahan atau kegagalan saat sunat karena anak gemuk memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari sunat anak biasa. Jika terjadi kesalahan saat tindakan, ada kemungkinan kulup muncul kembali atau kulup yang masih tersisa sehingga harus sunat ulang/ revisi sunat.

Akibat Penis Tidak Sunat

Penis yang belum sunat pada anak gemuk bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Namun, kembali lagi kepada masing-masing orang tua untuk memutuskan apakah anak perlu disunat atau tidak. Namun, alangkah baiknya jika kebersihan dan kesehatan penis tetap terjaga dengan cara sunat. Berikut ini adalah beberapa penyakit akibat tidak sunat, di antaranya:

  • Infeksi saluran kemih. Gejalanya bisa berupa nyeri saat buang air kecil dan kesulitan buang air kecil. Jangan membiarkan masalah infeksi ini karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.
  • Risiko terkena fimosis dan balanitis. Penis yang belum sunat bisa menyebabkan fimosis yaitu kepala penis yang tertutup oleh kulup yang terlalu melekat erat di ujungnya. Sementara itu, balanitis adalah peradangan pada penis yang bisa menyebabkan infeksi dan pembengkakan hingga keluar nanah.
  • Terkena penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual yaitu infeksi yang menular melalui hubungan intim. Anak bisa terkena penyakit ini mungkin saja tidak sekarang namun saat usianya beranjak dewasa. Contoh penyakit menular seksual yaitu klamidia, gonore, trikomoniasis, sifilis dan HIV.
  • Sulit membersihkan penis. Penis yang belum sunat sulit untuk dibersihkan, sehingga bisa terjadi penumpukan sisa kotoran yang membuat bakteri berkembang biak di dalamnya. Hal ini tentunya bisa menyebabkan iritasi bahkan infeksi pada penis.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, sebaiknya Ayah Bunda jangan lagi menunda sang jagoan untuk sunat. Karena ternyata sunat bisa mencegah jagoan kecil Ayah Bunda dari berbagai penyakit berbahaya. Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki dokter sunat ramah anak dan berpengalaman serta metode khusus untuk menyunat sang jagoan yang bertubuh gemuk. Sebagai pelopor sunat terlengkap dengan pelayanan terbaik, kami telah menangani lebih dari 300 ribu pasien di seluruh Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, Ayah Bunda segera daftarkan sunat si Kecil hanya di Rumah Sunat dr. Mahdian!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

0811-1720-302

marketingrumahsunat@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now