Bahaya Terapi Hormon Sebelum Sunat Anak Gemuk

Tahukah Bunda bahaya terapi hormon yang diberikan pada anak bisa menimbulkan masalah kesehatan? Anak gemuk biasanya memiliki kelainan pada penisnya. Nah, jika Bunda ingin mengajak anak untuk sunat, biasanya dokter akan menyarankan untuk memberikan terapi hormon. Namun, pemberian terapi hormon bisa memberikan dampak buruk bagi anak nantinya.

Sunat atau khitan adalah prosedur bedah untuk memotong atau membuang lapisan kulit luar yang menutup kepala penis atau kulup. Dokter akan menggunakan beberapa metode untuk sunat, seperti metode konvensional, sunat laser, metode klem dan metode stapler. Metode yang digunakan tergantung dari kondisi pasien yang akan disunat.

Untuk sunat anak gemuk tentunya memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Anak gemuk memiliki beberapa masalah di penisnya, seperti micropenis dan burried penis.

Kelainan penis pada anak gemuk

Kelainan penis pada anak gemuk

Mikropenis yaitu kondisi penis anak yang berukuran lebih kecil dari ukuran anak seusianya. Kelainan penis ini biasanya sudah bisa terlihat sejak ia bayi.

Sementara itu anak dengan burried penis atau penis mendelep, yaitu penis yang tertutup oleh lapisan lemak sehingga penisnya tersembunyi di bawah kulit. Ukuran penis pada anak dengan burried penis sebenarnya normal, hanya saja memang tertutup lapisan lemak.

Penyebab kelainan penis tersebut beragam, yaitu bawaan sejak lahir, obesitas, ataupun perkembangan kulit penis yang kurang baik.

Kelainan penis tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan pada anak jika tidak segera diatasi. Salah satu cara untuk menanganinya adalah dengan melakukan sunat.

Sunat anak gemuk

Prosedur sunat anak gemuk memiliki tingkat kesulitannya tersendiri. Dokter dan tim medis sering kesulitan dalam menentukan seberapa banyak kulup yang harus dibuang atau garis sunat yang akan dipotong karena batang penisnya tertutup lemak dan sebagian anatomi penisnya tersembunyi.

Jika dokter salah dalam penanganan sunat, maka bisa berisiko kulup yang muncul kembali sehingga harus menjalani reparasi sunat atau prosedur untuk perbaikan sunat.

Sebelum sunat, biasanya dokter menyarankan si anak untuk melakukan diet khusus atau pemberian terapi hormon untuk mempermudah saat prosedur sunat. Namun, pemberian terapi hormon pada anak bisa berdampak buruk pada kesehatannya.

Bahaya terapi hormon

Terapi hormon bisa menyebabkan efek samping ringan, seperti mual, sakit kepala, atau rasa sakit di bagian dada. Efek samping yang cukup berat juga bisa terjadi seperti gangguan jantung, pembekuan darah, hingga stroke.

Terapi hormon menggunakan hormon testosterone, sehingga pemberian terapi hormon ini bisa mempercepat masa pubertasnya.

Lantas, ada nggak sih cara lain selain memberikan terapi hormon jika anak gemuk ingin sunat?

Solusi aman untuk sunat anak gemuk

 Sunat gemuk bisa dilakukan tanpa terapi hormon. Di Rumah Sunat dr. Mahdian, dokter spesialis bedah yang akan menangani langsung sunat anak gemuk. Kelainan penis seperti mikropenis dan burried penis bisa ditangani dengan baik, karena menggunakan metode khusus yang minim risiko pendarahan dan prosesnya cepat.

Metode khusus ini menggunakan teknik pembiusan dan jahit yang berbeda dengan metode biasa. Selain itu, proses pemulihannya pun cepat sehingga anak bisa langsung beraktivitas.

Nah, gimana Bunda? Semoga informasi tadi bermanfaat ya. Jangan tunda sunat anak karena solusi sunat anak gemuk hanya di Rumah Sunat dr. Mahdian. Kami memiliki layanan konsultasi 24 jam, sehingga Bunda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kami terkait kondisi kesehatan anak.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingrumahsunat@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now