Panduan Pola Makan Sehat untuk Anak Selama Pandemi

Panduan pola makan sehat untuk anak selama pandemi tetap harus Bunda terapkan nih. Banyak sekali perubahan yang terjadi saat pandemi. Anak-anak yang sebelumnya pergi ke sekolah, bermain ke taman atau playground, kini harus melakukan semua aktivitas di rumah. Bunda juga tentunya merasakan perbedaan yang sangat terasa selama berada di rumah bersama si Kecil. Mungkin selama pandemi Bunda jadi lebih sering membuat kudapan atau bahkan membeli makanan siap saji untuk keluarga.

Seringkali karena kurangnya aktivitas fisik dan pola makan yang tidak sehat, anak mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Apalagi selama di rumah si Kecil pasti akan cepat merasa bosan, sehingga akan lebih sering mencari camilan untuk mengatasi rasa jenuhnya. Terlebih lagi anak memiliki kebiasaan baru yaitu duduk berlama-lama menonton TV hingga bermain gadget. Hal ini bisa menyebabkan anak mengalami obesitas dan akan berdampak buruk bagi kesehatan si Kecil.

Dampak obesitas bagi anak

Obesitas pada anak bisa menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Penyakit ini dapat berisiko menyebabkan penyakit jantung, memengaruhi fungsi paru-paru, dan sistem pernafasan anak. Ketika daya tahan tubuh anak menurun akibat pola makan yang tidak seimbang, maka anak juga akan lebih mudah terserang berbagai virus, salah satunya virus SARS Cov-2.

Nah, apa sih yang harus Bunda lakukan dalam mengatur gaya hidup anak agar tidak mengalami obesitas?  Kita akan membahas panduan pola makan sehat untuk anak di bawah ini.

Cara mengatur pola makan sehat untuk anak

Ada beberapa cara untuk mengatur pola makan yang bergizi seimbang bagi anak. Bunda bisa melakukan hal-hal berikut ini agar si Kecil tidak mengalami obesitas.

  • Konsumsi makanan bergizi seimbang

Sajikan makanan yang penuh nutrisi untuk melengkapi asupan si Kecil. Dalam satu piring pastikan untuk melengkapi makanan si Kecil dengan gizi seimbang. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh (whole grain) seperti roti gandum, pasta atau oatmeal.

Saat memasak, Bunda juga bisa menggunakan minyak zaitun, minyak bunga matahari, minyak canola ataupun minyak sehat lainnya yang berasal dari tumbuhan.

  • Kurangi makan camilan dan minuman manis

Saat sedang duduk menonton TV atau HP si Kecil pastinya suka sekali makan camilan ringan dalam kemasan. Bunda sebaiknya tidak terlalu sering memberikan camilan seperti kue kering, keripik kentang, cokelat, dan kudapan lain yang mengandung gula dan garam terlalu banyak. Sesekali ganti kudapan dengan potongan buah segar.

Selain itu, batasi memberikan minuman seperti susu, soda, teh manis, ataupun es krim kepada si Kecil. Bunda bisa menggantinya dengan jus buah, susu rendah lemak ataupun perbanyak konsumsi air putih untuk si Kecil.

  • Hindari makanan cepat saji (fast food)

Makanan cepat saji memang seringkali menggiurkan ya Bunda, apalagi jika Bunda memiliki kesibukan lain, seperti bekerja. Fast food selain mudah disajikan namun memiliki kandungan lemak, gula, garam dan kalori yang cukup tinggi. Jadi, sebaiknya batasi konsumsi makanan cepat saji agar si Kecil lebih sehat dan tumbuh dengan baik.

  • Perbanyak asupan buah dan sayur

Sebagian anak memang sering tidak suka makan sayur dan buah-buahan, padahal di dalam sayur dan buah terdapat banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sayur dan buah mengandung banyak sekali vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Jika si Kecil tidak mau makan sayur dan buah, Bunda bisa berkreasi dalam memasak makanan yang mengandung sayur, misalnya membuat nasi bento atau jus buah yang dicampur madu atau membuat es krim rasa buah. Jadi, biasanya anak akan lebih tertarik untuk mengonsumsinya.

Aktivitas fisik untuk si Kecil

Selama pandemi, selain mengatur pola makan si Kecil agar terhindar dari obesitas, Bunda bisa mengajak anak untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Ajak si Kecil berjalan-jalan di pagi hari sambil berjemur, bersepeda di sekitar lingkungan rumah, bermain bola atau aktivitas lain yang bermanfaat untuk kesehatan si Kecil.

Nah, selain itu Bunda juga harus tetap memerhatikan asupan si Kecil agar imunitasnya terjaga dan tidak mudah tertular virus Covid-19 di tengah pandemi saat ini. Jangan lupa juga untuk memberikan vitamin dan suplemen untuk si Kecil ya Bunda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingrumahsunat@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now