Mengenal Kelainan Penis Pada Anak Laki-Laki

Kelainan penis pada laki-laki beragam, satunya adalah inconspicuous penis. Kelainan ini adalah dimana ukuran penis terlihat kecil karena penis tidak muncul.  Kondisi ini akibat adanya kelainan pada jaringan ikat dan lapisan lemak di bagian bawah perut karena obesitas atau anak kegemukan sehingga penis terlihat kecil.

Inconspicuous penis sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu webbed penis, buried penis dan trapped penis.

Jenis Kelainan Penis

Webbed Penis

Webbed penis (penis berselaput) adalah salah satu kondisi yang menyebabkan penis terlihat terjebak atau terkubur. Kulit kantung zakar bersatu dengan kulit yang menutupi bawah penis. Kelainana penis ini dapat membuat penis tampak lebih pendek dari yang sebenarnya.

Hal ini bisa terjadi karena kelainan sejak lahir ataupun karena riwayat cedera, atau efek samping pembedahan di sekitar penis dan buah zakar.

Sebaiknya, Anda berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan pada anak dengan dokter. Tak perlu panik, Anda juga dapat mengajarkan anak cara menjaga kebersihan penisnya dan jangan sembarang memberikan obat tanpa saran dokter.

Buried Penis

Buried penis (penis tenggelam) merupakan kelainan kongenital/ bawaan sejak lahir yang mana penis memiliki ukuran normal tapi tersembunyi dalam skortum.

Skortum adalah kantung terdiri dari kulit dan otot yang membungkus testis. Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak atau orang dewasa yang bertubuh gemuk yang mana lapisan lemak bagian sekitar penis begitu tebal sehingga akhirnya menutup penis.

Buried penis dapat menyebabkan obstruksi atau sumbatan saluran kemih, infeksi saluran kemih, dapat mengalami fimosis, balantis, menghambat fungsi seksual dan menjadi penis sulit dibersihkan. Pada pria remaja dan dewasa, buried penis mungkin membuatnya lebih sulit untuk mencapai ereksi. Selain itu, dapat memengaruhi masalah psikologis pria yang mengalami buried penis, terkait dengan rendahnya kepercayaan diri dan kecemasan.

Jika seorang anak laki-laki mengalami buried penis ,maka sangat sulit untuk melakukan tindakan sirkumsisi atau sunat dengan metode biasa.

Trapped Penis

Penis yang tidak muncul pasca-tindakan pembedahan.

Megaprepusium

Penyempitan bagian ujung kulit penis sehingga menyebabkan kulit penis berlebih dan menutupi kepala atau glans penis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingrumahsunat@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now