Penyebab Penis Tenggelam dan Penanganan Sunatnya

Penyebab penis tenggelam atau terkubur adalah penis yang tertutup oleh kelebihan kulit pada area kemaluan atau skrotum. Skrotum adalah kantung kulit yang mengelilingi testis. Di mana lapisan lemak yang mengelilingi penis tersebut berlebih dan akhirnya menutup penis.

Dampak dari penis yang tenggelam bisa memengaruhi buang air kecil. Risiko infeksi saluran kemih juga dapat terjadi jika urine sering mengenai skrotum sehingga menyebabkan kondisi area kelamin yang tidak bersih. Selain kondisi kesehatan fisik yang akan terganggu, penis yang tenggelam juga dapat memengaruhi  keadaan psikologis. Hal itu akan menyebabkan rasa malu, baik pada anak-anak maupun dewasa.

Pada pria dewasa, penis yang terkubur dapat membuat ereksi jadi lebih sulit. Sehingga hal itu bisa memunculkan rendah diri, cemas, dan juga depresi.

Penyebab Penis Tenggelam

Ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab penis tenggelam. Anda perlu mengenali penyebabnya agar dapat mengetahui metode penanganan yang tepat.

  1. Kegemukan

Penyebab yang umum sekali terjadi adalah kelebihan lemak alias gemuk. Keadaan tubuh yang melebihi berat ideal, bisa membuat penis tenggelam akibat lapisan bawah perut yang mengakibatkan kulit yang mengelilingi penis menutupi penis.

  1. Retensi cairan

Retensi cairan adalah kondisi tubuh mengalami kelebihan cairan, atau yang juga sering disebut edema. Penumpukan cairan tersebut dapat menyebabkan pembengkakan skrotum dan dapat ‘mengubur’ penis.

  1. Masalah dengan ligamen

Ligamen adalah pita-pita keras yang berfungsi untuk menghubungkan antar tulang pada sendi. Dalam kondisi penis tenggelam, ligamen yang menempelkan penis ke tubuh tidak kuat.

  1. Komplikasi setelah sunat

Penis tenggelam juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak atau sedikitnya kulup yang dibuang saat penyunatan. Kulit yang tersisa  sekitar penis kemungkinan tertarik ke depan dan menyembunyikan penis.

Cara Mengatasi Penis Tenggelam

Ada beberapa cara untuk mengatasi penis tenggelam. Selain menurunkan berat badan, penis tenggelam juga bisa terbantu dengan beberapa bentuk pengobatan seperti diet, terapi hormon, sampai pembedahan. Namun tentu saja, untuk memutuskan cara mana yang tepat untuk mengatasinya, perlu konsultasi lebih lanjut dengan ahlinya.

Sunat Dalam Kondisi Penis Tenggelam

Penis yang tenggelam, hanya akan semakin memburuk jika dilakukan penyunatan tanpa metode khusus. Tidak sedikit dokter menyarankan bahwa pada kondisi tertentu, kondisi penis yang tenggelam lebih baik menunda penyunatan sampai berat badan turun terlebih dahulu. Namun, menurunkan berat badan biasanya tidak cukup untuk mengatasi masalah sepenuhnya. Penting untuk mengetahui kondisi yang akan berpengaruh pada prosedur sunat yang tepat.

Pada dasarnya mereka yang memiliki kondisi penis tenggelam punya ukuran penis yang normal. Hanya saja ada penyebab-penyebab tertentu yang membuat penis seperti kecil (mikropenis). Padahal penis tenggelam dan juga mikropenis adalah dua hal yang berbeda.

Untuk melakukan sunat pada tubuh yang gemuk dengan kondisi penis tenggelam, perlu adanya konsultasi dan juga metode khusus dalam pelaksanaannya.

Khitan khusus untuk anak gemuk

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa salah satu penyebab penis tenggelam adalah akibat kegemukan atau obesitas. Banyak orangtua yang cemas anak mereka sulit disunat. Tapi jangan khawatir, saat ini sudah ada dokter khusus yang akan menangani sunat pada tubuh gemuk.

Dengan layanan sunat gemuk di Rumah Sunat dr. Mahdian, anak dengan tubuh gemuk tetap bisa disunat tanpa harus menunda terlebih dahulu atau menjalani prosedur yang tidak sebentar dan juga rumit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Jatiasih – Kota Bekasi 17423

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Book Online

Book Online

Appointment Now